Link Pembayaran vs Pembayaran Tunai Langsung: Perbedaan & Kelebihannya

Link Pembayaran vs Pembayaran Tunai Langsung: Perbedaan & Kelebihannya

Link Pembayaran memungkinkan para pelaku bisnis untuk melakukan pembayaran secara online dengan cara mengirimkan link kepada pembeli. Pembayaran Tunai Langsung berfokus pada pembayaran langsung ke merchant. Link Pembayaran lebih aman, mudah dan cepat, serta dapat dikustomisasi untuk tujuan tertentu. Pembayaran Tunai Langsung lebih fleksibel dan mungkin kurang aman.

Tautan Pembayaran vs. Pembayaran Langsung Mana yang Anda pilih?

Sekarang ada metode pembayaran online atau digital yang tersedia. Bisa dibilang pembayaran online sudah menjadi hal yang lumrah di banyak bisnis.

Hal ini dikarenakan munculnya smartphone atau telepon pintar yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Dengan kenyamanan fungsi telepon atau smartphone, Anda dapat membayar semuanya sekarang secara online.

Tidak perlu repot mengambil uang tunai atau datang langsung ke toko, pelanggan dapat membayar transaksi dalam hitungan detik. Maka pada artikel kali ini kami akan mencoba membahas perbandingan antara Payment Links vs Direct Cash Payments.

Apakah menurut Anda pembayaran tunai langsung masih menjadi kepentingan publik di era digital? Atau kebanyakan orang menggunakan pembayaran online karena kepraktisannya?

Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Semakin banyak bisnis dan konsumen di Indonesia memilih untuk beroperasi melalui sistem pembayaran elektronik. Berdasarkan laman data Indonesia, respon masyarakat usia 15-44 sangat tinggi menggunakan pembayaran online. Hampir 90% generasi berikutnya menggunakan dompet digital, transfer bank, atau mobile banking.

Namun, hal ini tidak mengecewakan masyarakat Indonesia yang menggunakan pembayaran tunai langsung. Menurut Badan Pusat Statistik, hampir 78% pengguna e-Commerce memilih COD atau pembayaran tunai langsung saat melakukan pembelian.

Hal ini menunjukkan bahwa generasi selanjutnya telah beralih ke pembayaran modern yang lebih canggih seperti Payment Links. Sedangkan masyarakat di pelosok atau pelosok lebih memilih pembayaran tunai langsung karena keterbatasan akses infrastruktur digital.

Namun, ekonomi pembayaran digital akan menjadi metode operasi di masa depan. Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi pembayaran akan terus berkembang dan berinovasi.

Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis, Anda tidak dapat mengabaikan layanan pembayaran digital untuk memudahkan pelanggan membayar transaksi. Pasalnya, dampaknya sangat besar bagi bisnis Anda, terutama dalam hal arus kas atau pendapatan perusahaan.

Di bawah ini kita akan mempelajari perbedaan antara tautan pembayaran versus pembayaran tunai langsung berdasarkan artinya.

Apa itu pembayaran tunai langsung?

Sesuai namanya, pembayaran ini dilakukan saat melakukan transaksi tatap muka dengan uang tunai di tangan. Contohnya seperti berbelanja COD, berbelanja di pasar tradisional, atau berbelanja di toko sungguhan.

Sedangkan payment link system adalah transaksi pembayaran yang dilakukan dengan mengklik link yang dilakukan oleh merchant. Dengan link pembayaran, pelanggan dapat memilih metode pembayaran elektronik seperti kartu kredit/debit, dompet digital, transfer bank dan sebagainya.

Lihatlah fitur-fitur utama yang membedakan tautan pembayaran dari pembayaran tunai langsung:

1. Keamanan

Jika bisnis Anda menyimpan atau menerima banyak uang tunai setiap hari, ada potensi pencurian atau perampokan untuk memudahkan keamanan.

Kemungkinan besar, perusahaan harus aman dan berhati-hati dalam menyimpan uang tunai dalam jumlah besar.

Dengan tautan pembayaran transaksi ke akun langsung aman dan terenkripsi. Selain itu, tautan berbayar juga dikemas dengan standar keamanan untuk mencegah penipuan, seperti OTP, autentikasi kata sandi, dan sebagainya.

2. Kenyamanan

Terkadang pembayaran tunai langsung membuat pemilik bisnis tidak nyaman karena mereka harus menyetor uang dengan tangan ke bank masing-masing.

Ini dapat membuang waktu, tenaga, dan bahkan uang pengiriman. Tak perlu dikatakan, jika Anda rajin pergi ke bank untuk menyetorkan bisnis Anda secara rutin, itu bisa menjadi sasaran kejahatan.

Dengan solusi Tautan Pembayaran, pendapatan bisnis secara otomatis dikreditkan langsung ke akun. Uang dapat dikelola kapan saja dan dari lokasi mana saja.

Yang terpenting, tautan pembayaran memungkinkan pelanggan mentransfer uang dengan cepat dan mudah. Hal ini penting terutama bagi pelaku usaha yang ingin segera mendapatkan modal untuk mengembangkan usahanya.

3. Metode pembayaran lainnya

Fungsi penting yang membedakan antara tautan pembayaran dan pembayaran tunai langsung adalah opsi metode pembayaran. Harap dicatat bahwa tidak semua pelanggan saat ini memiliki banyak uang tunai di dompet mereka.

Bayangkan betapa kecewa atau frustasinya pelanggan jika ternyata toko Anda tidak menawarkan pembayaran online. Pelanggan mungkin perlu mencari ATM terdekat untuk menarik uang tunai. Selain waktu yang tidak efisien, hal ini juga dapat menurunkan tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan bisnis Anda.

Oleh karena itu, mohon sediakan link pembayaran agar pelanggan atau mitra bisnis Anda dapat langsung bertransaksi melalui smartphone untuk segera mengirimkan uang.

Anda dapat memilih opsi pembayaran pribadi mulai dari transfer bank, kartu kredit/debit, dompet digital, pembayaran, merchant Indomaret/Alfamart, dan lainnya.

4. Bisa membayar melalui handphone/smartphone

Seperti yang dijelaskan di atas, tidak semua pelanggan Anda memiliki uang tunai di dompetnya. Namun bisa dipastikan pelanggan Anda akan membawa handphone atau ponsel di saku atau tasnya.

Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah membayar melalui link atau link yang dikirimkan melalui Whatsapp. Mereka bisa membayar langsung dari handphone atau handphone tanpa harus ke ATM.

5. Transparansi

Selain itu, yang membedakan Payment Link dengan Direct Cash Payment adalah terkait transparansi data. Setiap transaksi yang dilakukan dari link pembayaran otomatis tercatat dengan rapi dan terorganisir.

Anda hanya perlu login untuk melihat dashboard dan mengecek status pembayaran pelanggan. Ini memberikan transparansi dan kemudahan pelacakan data pelanggan atau data transaksi bisnis.

Sedangkan jika menggunakan metode pembayaran tunai langsung, Anda harus mencatatnya secara manual. Jika transaksi mencapai ribuan nasabah, tentunya hal ini kurang efisien dan membuang waktu dan tenaga staf manajerial Anda.

Tautan pembayaran

Pembayaran Langsung / Tunai

Transaksi dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun

Transaksi dilakukan setelah jam kerja toko atau lokasi usaha.

Menggunakan teknologi modern untuk mengelola data

Memerlukan pemrosesan manual untuk mengelola data

Dilengkapi dengan standar keamanan dan enkripsi

Risiko dan kerentanan terhadap pencurian

Dapat ditarik langsung dan disimpan secara online

Penarikan dan penyetoran memakan waktu dan dilakukan secara manual.

Opsi pembayaran bervariasi.

Pilihan pembayaran terbatas karena hanya bisa dilakukan secara tatap muka.

Mudah memantau status operasional

Kurangnya transparansi dalam status dan pemantauan

Rekonsiliasi Pembayaran Otomatis

Rekonsiliasi manual dengan banyak dokumen

Berikut adalah beberapa tips penting yang dapat Anda ikuti untuk membuat transaksi lebih aman dengan tautan pembayaran:

Hindari koneksi Wi-Fi publik yang rentan terhadap peretasan dan pencurian identitas online.

• Jangan membuka tautan yang mencurigakan dari sumber yang tidak diketahui atau memiliki ekstensi aplikasi tertentu (.apk atau .exe).

• Jangan bagikan kode OTP atau kata sandi Anda dengan siapa pun dan hindari menyimpan detail bank di ponsel Anda.

Ambil tindakan pencegahan seperti menginstal pembaruan keamanan terbaru dan membuat kata sandi baru setiap bulan. Anda juga dapat menggunakan penguncian atau penghapusan data jarak jauh dari smartphone.

Hanya dengan 5 menit aktivasi akun, Anda dapat membuat tautan berbayar dan membagikannya di media sosial, klien WhatsApp, email, situs web, dan lainnya.

Payme Link Mayar memudahkan bisnis Anda untuk mengumpulkan arus kas dari pelanggan, mitra bisnis, penjual atau siapapun yang akan mengirimkan uang ke rekening Anda.

Anda juga dapat mengirim tautan berbayar ke banyak orang sekaligus atau lebih, seperti SMS Ledakan, Whatsapp, Milis, dan lainnya. Terima uang dengan cepat dan instan dalam hitungan detik tanpa harus mencetak kuitansi atau mengirimkannya ke kantor pos.

Terlebih lagi, Payme Link Mayar dilengkapi dengan berbagai pilihan metode pembayaran digital dan non digital. Pelanggan dapat memilih opsi tautan pembayaran atau pembayaran tunai langsung.

Misalnya, jika Anda memilih opsi Link Pembayaran, pelanggan dapat menggunakan metode pembayaran antara lain:

– Dompet Digital (ShopeePay, OVO, Jenius, LinkAja)

– Kartu Kredit / Debit

– Akulaku

– Transfer Bank / Virtual Account, Flip, ATM Bersama, Prima Link, ALTO

– QRIS (ShopeePay, OVO, Gopay, LinkAja, BCA Mobile, DANA)

Sedangkan jika Anda memilih pembayaran tunai langsung, Anda bisa memilih opsi pasar kecil seperti Alfamart dan Indomaret.

Buka akun Mayar Anda sekarang ya? Promo Starter Rp 0 Bagi yang ingin memulai bisnis di era digital.

Jangan lupa untuk berlangganan Blog Mayar dan cek akun Instagram @mayar_id karena banyak informasi menarik seputar bisnis yang menanti Anda agar tidak ketinggalan artikel-artikel penyemangat lainnya.

Perlu informasi lebih detail? Lihat Youtube Mayar untuk tutorial video lengkap.

Nikmati berbelanja di kios pulsa dan kuota kami! Dapatkan promo menarik dengan harga terbaik. Pembelian cepat, mudah dan aman. Jangan sampai kehabisan!

Daftar Via WhatsApp
daftar sms

Kesimpulan

Itulah Informasi update terpopuler tentang Link Pembayaran vs Pembayaran Tunai Langsung: Perbedaan & Kelebihannya dengan tags keyword #Link #Pembayaran #Pembayaran #Tunai #Langsung #Perbedaan #Kelebihannya yang mungkin saja tidak berarti apa-apa buat Anda, Namun setidaknya dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca. Wassalamualaikum Wr. Wb 🙂

Sharing is caring...