Meraup Untung dengan Berjualan di Media Sosial

Meraup Untung dengan Berjualan di Media Sosial

Berjualan di media sosial dapat memberikan keunggulan besar bagi para pelaku bisnis kecil atau menengah. Dengan biaya yang murah dan jangkauan yang luas, platform seperti Instagram atau Facebook menawarkan peluang untuk meraih jangkauan pasar yang lebih besar. Hal ini juga memberi peluang untuk meningkatkan keunggulan dengan membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan dalam jangka panjang.

Anda mungkin sudah mulai menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan memperluas merek Anda. Namun, Anda juga ingin menggunakan saluran media sosial tersebut untuk meningkatkan penjualan. Anda berada di jalur yang benar! Padahal, menurut Econsultancy, berjualan di media sosial bisa menghasilkan return on investment (ROI) yang tinggi.

Sebelum menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, hal pertama yang perlu Anda tentukan adalah apa tujuan bisnis Anda? Tujuan apa yang ingin Anda capai melalui pemasaran media sosial? Siapa target pasar Anda dan bagaimana mereka menggunakan media sosial? Pesan apa yang ingin Anda sampaikan kepada calon pelanggan melalui media sosial? Anda perlu menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini terlebih dahulu untuk membuat strategi pemasaran di media sosial.

Secara keseluruhan, strategi pemasaran media sosial adalah mengembangkan tujuan Anda, misalnya:

  • Meningkatkan lalu lintas situs web
  • Bertobatlah
  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Menciptakan identitas merek
  • Menjaga hubungan dan interaksi dengan pelanggan potensial

Dalam artikel ini, Anda akan dipaparkan cara-cara yang paling efektif, terutama untuk mendongkrak penjualan dan keunggulan menggunakan media sosial.

1. Hadir di mana pelanggan Anda berada

Aturan pertama pemasaran media sosial adalah menggunakan platform yang memasarkan audiens target Anda. Anda tidak hanya dapat membuat akun Instagram dan berharap menemukan bisnis pelanggan yang ditargetkan (B2B) di sana. Pertama, periksa demografi target Anda dan cari tahu di platform mana mereka paling aktif. Anda bisa memilih di beberapa platform sekaligus, namun tentu membutuhkan banyak waktu.

Jika tujuan Anda adalah B2B, maka LinkedIn adalah tempat yang bagus untuk memulai, seperti halnya Facebook, karena keduanya memiliki basis pengguna yang besar. Menariknya, Sprout Social menemukan bahwa kelompok usia 18-29 mendominasi semua media sosial populer, termasuk LinkedIn, Facebook, dan Instagram.

Saat Anda berada di platform media sosial yang tepat, Anda akan memiliki lebih banyak peluang untuk menjangkau audiens target Anda. Setelah itu, semakin efektif Anda menjangkau audiens target Anda, semakin mudah untuk meningkatkan penjualan Anda secara signifikan.

2. Bekerja dengan influencer media sosial

TapInfluence melaporkan bahwa 40% pengguna Instagram merasa ingin membeli produk ketika mereka melihatnya di postingan Anda yang berpengaruh. Penelitian juga menunjukkan bahwa kepercayaan yang mereka miliki terhadap influencer sama dengan kepercayaan yang mereka miliki terhadap teman mereka sendiri. Ini menunjukkan bahwa mempromosikan merek dan produk Anda melalui influencer media sosial dapat meningkatkan penjualan dan telah terbukti menghasilkan ROI hingga 600% dalam beberapa kasus.

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak penjualan melalui media sosial, Anda harus menggunakan kekuatan pengaruh. Buat mereka menyorot produk Anda dengan hati-hati di foto atau video mereka atau minta mereka memberi tahu Anda sesuatu yang menarik tentang merek Anda. Anda juga bisa bekerja sama dengan influencer yang bersedia memberikan review produk Anda atau memberikan tutorial dan tips konten tentang produk Anda.

Masih banyak cara lain, namun jika ingin meningkatkan penjualan, cara yang paling efektif adalah dengan meminta influencer mengiklankan kode diskon.

Daniel Wellington, merek jam tangan asal Swedia, telah sukses menerapkan strategi ini sejak tahun 2011 saat mereka baru memulai. Daniel Wellington menjual satu juta jam tangan hanya dalam tiga tahun. Terima kasih atas bantuan dari para influencer. Pada 2015, Daniel Wellington memperoleh $220 juta, naik 214% dari 2014.

Mulai sekarang, Anda dapat menemukan pemberi pengaruh teratas dan menengah yang mempromosikan kode promo untuk produk Daniel Wellington.

Tasya Kamila mengiklankan kode diskon Daniel Wellington di postingan Instagramnya.

Diatas adalah contoh Tasya Kamila, public figure sekaligus bintang film dan penyanyi dengan 2,8 juta followers di Instagram.

3. Jadikan pelanggan setia sebagai pendukung merek Anda.

Jika Anda ingin mempromosikan produk Anda melalui orang sungguhan, memengaruhi bukanlah satu-satunya cara. Pelanggan Anda dapat menjadi advokat merek, atau lebih sering disebut advokat merek yang efektif, jika Anda dapat mengundang mereka untuk mempromosikan produk Anda dengan imbalan produk gratis atau diskon.

Pendukung merek ini adalah pemasar hebat untuk bisnis. Alasan utama mengapa orang lebih percaya pada advokat merek hanyalah satu hal: kepercayaan. Sebuah survei global mengatakan bahwa sembilan dari sepuluh pembeli online lebih memercayai rekomendasi dari teman dan anggota keluarga daripada iklan.

Menemukan kata kunci atau tagar yang terkait dengan merek atau produk Anda di media sosial dapat membantu Anda menemukan orang yang telah memposting konten tentang merek Anda.

Katakanlah Anda ingin memasarkan jam tangan MVMT. Anda akan langsung mencari #mvmtwatches di Instagram. Namun, dengan melakukan itu, Anda akan melihat bahwa sebagian besar postingan teratas berasal dari orang-orang berpengaruh yang bekerja dengan Anda atau telah bekerja sama dengan Anda.

Ingat, ini hanya posting teratas. Gulir ke bawah. Temukan foto-foto menarik yang menunjukkan produk Anda diposting oleh pengguna Instagram yang tidak Anda hubungi. Kemudian periksa profil mereka.

Pengguna Instagram memiliki sekitar 1.700 pengikut ketika dia memposting dan memposting beberapa kali tentang merek tersebut. Dia dapat digunakan sebagai advokat merek yang tepat untuk komunitas pengguna jam tangan MVMT.

Jika Anda bekerja di MVMT, Anda dapat memberi mereka jam tangan gratis atau diskon menarik yang dapat digunakan untuk pembelian di masa mendatang. Dan sebagai imbalannya, Anda dapat meminta mereka melakukan hosting dengan jam tangan Anda.

4. Ubah Pengikut menjadi Pembeli

Sebelum membeli produk secara online, konsumen cenderung membaca beberapa peringkat terlebih dahulu untuk memastikan merek dan produk tersebut dapat dipercaya. Evaluasi semacam itu memberi mereka ketenangan pikiran saat membeli produk dari merek yang tidak mereka kenal atau tidak kenal.

Ketika peringkat didasarkan pada pendapat dan pengalaman pengguna lain, mereka merasa sejujur ​​​​dapat dipercaya. Menurut penelitian Olapic, 70% responden mereka lebih cenderung membeli produk saat menghadirkan citra positif yang dibuat oleh pengguna lain.

Cara lain untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial adalah dengan mengajak pelanggan Anda untuk membagikan foto akun media sosial mereka. Selain itu, pastikan Anda juga membagikan foto dari pelanggan di akun Anda. Ini adalah cara mudah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Anda dan membangun kepercayaan merek ketika calon pelanggan jatuh di profil media sosial Anda.

COTTONINK memiliki kampanye berkelanjutan di mana mereka mengundang pelanggan untuk membagikan foto mereka menggunakan produk COTTONINK di Instagram. Pelanggan hanya perlu menggunakan tagar #youxcottonink untuk mendapatkan kesempatan mengambil foto mereka.

COTTONINK kemudian mengumpulkan foto dan menampilkan yang terbaik di berita Intagramnya.

5. Posting iklan di media sosial

Platform media sosial memiliki jutaan pengguna. Bahkan jika Anda telah menemukan platform yang sempurna untuk mengumpulkan audiens target Anda, aktivitas pemasaran Anda mungkin tidak efektif jika mereka belum pernah mendengar merek atau produk Anda sebelumnya. Anda dapat memastikan mereka mengenal Anda dengan menggunakan iklan media sosial.

Setiap platform media sosial memiliki opsi untuk membuat iklan atau mempromosikan konten Anda. Ini dapat meningkatkan visibilitas merek Anda di antara audiens target. Visibilitas yang luar biasa ini dapat meningkatkan penjualan Anda dari media sosial.

Di Instagram, selain memasang iklan di feed, Anda juga bisa memasang iklan melalui Instagram Stories. Melalui iklan Instagram Story, YOOX, retail fashion ternama, memperoleh 6 poin dalam hal brand awareness dan 11 poin dalam hal ad recall (jumlah orang yang dapat mengingat iklan). dalam dua hari ke depan.)

Anda juga dapat beriklan di Facebook atau Twitter atau memposting postingan bersponsor di LinkedIn untuk menjangkau audiens yang tepat. Anda dapat menyesuaikan iklan dengan menampilkan produk yang baru saja dilihat pengguna di situs Anda. Ini dapat mengingatkan mereka tentang produk dan mendorong mereka untuk membeli.

Kesimpulan

Ada banyak cara efektif untuk meningkatkan penjualan menggunakan media sosial. Seperti yang Anda lihat, tip ini umumnya mengharuskan Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari audiens target Anda terlebih dahulu, yang bisa dilakukan melalui pihak lain: pelanggan dan influencer.

Anda juga ingin memastikan merek Anda menonjol dari keramaian. Manfaatkan kesempatan ini untuk menyajikan konten yang menarik, relevan, dan dorong calon pelanggan untuk mencoba produk Anda.

Penting juga untuk memastikan bahwa mudah untuk membeli produk Anda melalui platform media sosial yang Anda pilih. Tujuannya agar calon pelanggan tidak merasa kewalahan dan kemudian mengurungkan niat mereka untuk membeli. Plugo adalah solusi yang memudahkan pelanggan untuk melakukan pembelian. Dengan plugin situs web berbasis seluler yang sepenuhnya otomatis dan mudah digunakan, pelanggan potensial tidak akan menunggu tanggapan jangka panjang Anda.

Seperti ini:

Seperti Memuat …

“Yuk bertopengkan sukses bersama! Dapatkan pulsa dan kuota dengan mudah dan cepat di toko kami. Nikmati promo spesial untukmu, dan jangan lupa gunakan kode voucher untuk bonus khusus! Jadikan kami sebagai pilihanmu untuk memudahkan segalanya. Ayo, pesan sekarang dan rasakan senangnya tersambung tanpa batas!”

Daftar Via WhatsApp
daftar sms

Kesimpulan

Demikianlah Informasi update hari ini tentang Meraup Untung dengan Berjualan di Media Sosial dengan tags keyword #Meraup #Untung #dengan #Berjualan #Media #Sosial yang mungkin saja tidak berarti apa-apa buat Anda, Namun setidaknya dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca. Wassalamualaikum Wr. Wb 🙂

Sharing is caring...