3 Perbedaan QRIS Statis Dan Dinamis Yang Wajib Diketahui Pemiliknya!

Arjunapulsamurah.com, Kota Malang – Selamat datang di dunia QRIS! QRIS (Quality Rating and Improvement System) adalah sistem yang membantu orang tua dan pemilik layanan pendidikan untuk menilai dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan. QRIS dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu QRIS statis dan dinamis. Kedua jenis ini memiliki beberapa perbedaan yang wajib diketahui oleh pemiliknya.

Pertama, QRIS statis lebih terfokus pada kualitas dan standar layanan pendidikan yang telah ditetapkan, sedangkan QRIS dinamis lebih berfokus pada peningkatan kualitas layanan pendidikan secara kontinu. Kedua, QRIS statis menggunakan sistem penilaian yang tetap, sedangkan QRIS dinamis menggunakan sistem penilaian yang berubah-ubah. Ketiga, QRIS statis memiliki tujuan yang jelas dan terukur, sedangkan QRIS dinamis memiliki tujuan yang lebih luas dan fleksibel.

Dengan memahami perbedaan antara QRIS statis dan dinamis, pemilik layanan pendidikan dapat memilih jenis QRIS yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

QRIS memungkinkan Juragan menerima pembayaran dari mana saja. Kemudahan QRIS menjadikannya metode pembayaran nontunai yang populer di kalangan pemilik bisnis. Anda tidak perlu lagi repot memberikan kode QR jika bisnis Anda sudah memiliki QRIS gan. Ada banyak jenis QRIS yang Anda ketahui, terutama QRIS statis dan dinamis. Apa perbedaannya?

Cari tahu cara membayar QRIS

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah QR Code berstandar nasional untuk memfasilitasi pembayaran digital di Indonesia. Berbeda dengan barcode atau kode batang QRIS yang dilengkapi dengan kode QR yang tehubung dengan berbagai metode pembayaran.

Kemunculan QRIS tidak hanya menyediakan metode pembayaran nontunai bagi pelanggan yang berbisnis, lho. Standar kode QR nasional yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Gabungan Sistem Pembayaran Indonesia mulai 2023 juga akan menyempurnakan meja kasir karena tidak adanya rangkaian kode QR di atas meja.

Sebagai kode pembayaran yang valid dan aman, berikut manfaat QRIS yang perlu Anda ketahui sebagai pebisnis.

  • Global – Anda tidak memerlukan perangkat lunak pembayaran yang berbeda karena QRIS memungkinkan bisnis menerima berbagai jenis pembayaran hanya dengan satu kode QR.
  • Mudah – QRIS memberikan kemudahan sebagai manfaat utama. Membayar dengan QRIS sangat mudah karena membutuhkan scan yang sama dengan aplikasi smartphone.
  • Keberuntungan – Anda tidak perlu khawatir dengan selisih suku bunga karena QRIS hanya membutuhkan satu jenis kode saja.
  • Hidup – QRIS juga membuat pembayaran menjadi lebih cepat karena pembayaran dapat diproses dalam waktu yang bersamaan.

Baca juga: Cara menggunakan QRIS untuk membuat bisnis Anda lebih menguntungkan

3 Jenis QRIS

Foto Mitya Ivanov di Unsplash

Setelah mengetahui apa itu QRIS dan manfaat yang ditawarkannya, berikut tiga jenis QRIS yang perlu Anda ketahui.

  1. Cara menampilkan statistik Merchant Statistics (MPM).

Static Merchant Mode (MPM) dan Merchant Mode (MPM) sulit dibedakan karena kode QR yang ditampilkan untuk pembayaran disediakan oleh kedua pedagang. Perbedaannya terletak pada proses dimana kode QR merchant ditampilkan. Secara keseluruhan, QRIS statis merupakan kode QR yang tetap atau tidak berubah, sehingga cocok untuk usaha kecil dan menengah. Saat melakukan pembayaran, pelanggan hanya membutuhkan scan QRIS statis yang biasanya terpampang di area kasir. Berikut cara pembayaran menggunakan Static MPM:

  • Pertama, pelanggan memindai kode QR yang disediakan oleh merchant.
  • Kemudian masukkan nama pembayaran;
  • Jika nomor dan nama merchant sudah benar, customer akan diminta memasukkan kode PIN pada aplikasi pembayaran.
  • Setelah pembayaran berhasil, merchant akan menerima notifikasi pembayaran.
  1. Cara Menampilkan Dinamis Merchant (MPM)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kode QR dinamis juga disediakan oleh para pedagang gan. Perbedaannya adalah kode QR dinamis dapat bervariasi dengan setiap pembayaran. Itulah mengapa kode QR ini bersifat dinamis atau tidak dapat diperbaiki. Oleh karena itu, setiap pelanggan akan menerima kode QR yang berbeda sesuai dengan pembayaran pembelian. Dinamika QRIS biasanya cocok untuk perusahaan dengan volume pembayaran yang tinggi. Berikut cara pembayaran menggunakan QRIS dinamis:

  • Pelanggan membeli produk atau layanan dari pedagang;
  • Setelah trx diterima, merchant akan memprosesnya dan menentukan pembayaran sekunder.
  • Pedagang kemudian akan menghasilkan kode QR sesuai dengan transaksi.
  • QR akan diberikan kepada klien untuk dipindai.
  • Setelah pemindaian, pembayaran berhasil.
  1. Cara menampilkan pelanggan (CPM)

CPM adalah kebalikan dari MPM. Kode QR yang dipindai untuk menyelesaikan transaksi adalah Kode QR milik masing-masing pelanggan atau ditampilkan di perangkat pelanggan. Merchant dapat memindai kode QR ini menggunakan alat pemindaian yang disediakan oleh penyedia pembayaran kode QR. QRIS CPM cocok untuk bisnis menengah ke atas dengan modal tinggi dan volume pembayaran tinggi, namun saat ini masih dalam tahap pengembangan untuk digunakan secara luas.

Baca juga: Cara membuat QRIS

Apa perbedaan antara QRIS statis dan dinamis?

Setelah mengetahui macam-macam kode QR, kini saatnya Anda mengetahui perbedaan QRIS statis dan dinamis. Yuk simak detailnya di bawah ini!

  1. Dari sudut pandang statistik – Kalau dilihat dari segi statistik penjualan statis, QRIS sudah fix dan gan. Oleh karena itu, lebih sulit bagi pedagang untuk melacak setiap pembayaran menggunakan QRIS statis terkait waktu, jumlah, dan barang yang terjual. Berbeda dengan QRIS dinamis yang memiliki semua data dan informasi untuk merekam bisnis Anda.
  2. Dalam hal biaya – Jika dibandingkan dengan biaya dinamis, QR memberikan penghematan biaya operasional yang lebih besar daripada QRIS statis. Ini karena pedagang yang menggunakan QR dinamis tidak perlu mencetak ulang spanduk dan brosur kode QR untuk memperbaruinya. Menggunakan QR dinamis berarti Anda hanya perlu memperbarui melalui server.
  3. Mengenai kecepatan dan keamanan – Dari segi kecepatan dan keamanan pembayaran, penjualan dinamis QRIS lebih baik karena sistem pemindaiannya lebih cepat. Berbeda dengan QRIS statis yang menggunakan URL panjang, QRIS dinamis memiliki URL yang lebih pendek. Selain itu, penggunaan QRIS dinamis juga mengurangi kesalahan pembeli dan pedagang dalam memasukkan total pembelian karena menggunakan cara manual untuk memasukkan nilai nominal. Cara manual pada QRIS statis tentunya sangat merepotkan dan memungkinkan resiko kesalahan yang tinggi dalam memasukan nominal pembayaran.

Juragan berdasarkan QRIS di Arjuna Pulsa, lho!

Setelah mengetahui perbedaan QRIS statis dan dinamis, kini saatnya Anda bergabung dan mendaftarkan bisnis Anda melalui fungsi QRIS yang difasilitasi oleh Arjuna Pulsa Brother Forum. Arjuna Pulsa adalah aplikasi dan website mobile dan web-app dengan berbagai fitur, salah satunya QRIS coding. Arjuna Pulsa menerbitkan kode QRIS yang diterbitkan oleh Bank Indonesia bekerja sama dengan Bank BNI. Tujuannya untuk memudahkan transaksi pembayaran.

Jika Anda tertarik untuk mengajukan QRIS Arjuna Pulsa yang praktis dan mudah, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini!

  • Buka aplikasi Arjuna Pulsa, lalu pada menu Pembayaran klik banner QRIS (pastikan aplikasi Arjuna Pulsa terupdate ke versi terbaru);
  • Lanjutkan verifikasi akun Caranya klik “Kirim QRIS sekarang”;
  • Klik “Mulai Verifikasi” dan jangan lupa siapkan KTP Anda (ikuti petunjuknya);
  • Setelah verifikasi, Anda dapat mengklik “Kirim QRIS Sekarang”;
  • Isi data bisnis Juragan agar bisa diverifikasi.
  • Tambahkan nomor rekening yang akan menjadi penerima pembayaran QRIS.
  • Setelah aplikasi disetujui, aplikasi Arjuna Pulsa di menu pembayaran akan menampilkan bagian penerimaan pembayaran menggunakan QRIS.

Baca juga: Informasi tentang QRIS

Masih bingung cara pakai QRIS Arjuna Pulsa gan? Agar lebih jelas, simak manfaat menggunakan QRIS Arjuna Pulsa berikut ini:

  • Dengan satu kode QR, Juragan dapat menerima pembayaran dari sumber seperti dompet digital atau bank yang digunakan pelanggan.
  • Kemudahan menggerakkan QRIS di Arjuna Pulsa tanpa gangguan.
  • Biaya lebih terjangkau dengan 0% Merchant Discount (MDR);
  • Anda dapat menikmati semua transaksi yang tercatat secara otomatis sehingga Anda terhindar dari kesalahan pencatatan dan lebih mudah melihat berapa keunggulan yang Anda peroleh selama menggerakkan bisnis online ini.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan QRIS statis dan dinamis yang wajib Anda ketahui. Jika Anda adalah pemilik bisnis, penting untuk menjaga kecepatan tetap, termasuk pembayaran. Jangan izinkan ide bisnis yang bagus tetapi tidak didukung oleh opsi pembayaran yang diperbarui. Jadi buatlah kode QRIS melalui platform Arjuna Pulsa agar bisnis Anda semakin lancar! Download aplikasi Arjuna Pulsa sekarang di Google Play Store!

* Pembayaran di Arjunapulsamurah.com didukung oleh Xendit dan OY! Lisensi dari Bank Indonesia

Pluang Jual Ewallet juga Konter PPOB Di buka

Jual Pulsa dan Loket PPOB yaitu Usaha yang menguntungkan. Walau di masa pandemi, kebutuhan pulsa untuk masyarakat Indonesia menjadi sesuatu yang utama, seperti membayar tagihan, membeli pulsa data, voucher game, topup saldo E-Money dan kebutuhan lain.

Semuanya dapat dilakukan di Arjunapulsamurah.com sebagai Berjualan pulsa termurah yang menjanjikan. Berbisnis di Arjunapulsamurah.com boleh dikelola oleh siapa saja dengan modal kecil. Peluang masih terbuka lebar untuk membuka Usaha agen pulsa serta loket pembayaran ppob dengan Arjunapulsamurah.com

Apakah Usaha Pulsa dan Gerai PPOB di Arjunapulsamurah.com?

usaha pulsa dan loket pembayaran ppob kami ialah solusi Jualan bagi rakyat Indonesia yang mau memiliki Menjual pulsa elektronik, pulsa data, paket sms & nelpon, Jualan isi ulang GoPay, OVO, DANA, LinkAja, Shopee, dll, Berdagang voucher online game termurah dan lengkap dan voucher tv kabel prabayar

Daftar Via WhatsApp
Daftar Via Play Store
daftar sms

Kami menyediakan layanan jual beli pulsa & PPOB dengan berbagai macam pilihan, seperti pulsa elektrik, paket data, voucher game online, paket internet, voucher tv, kuota data, bayar tagihan, loket, kuota internet, eMoney, dompet digital, uang elektronik dan lain-lain. Kami juga menyediakan berbagai macam bonus dan keunggulan untuk para pelanggan kami. Dengan layanan kami, Anda dapat menjual pulsa & PPOB dengan harga yang kompetitif dan menguntungkan. Dengan layanan kami, Anda dapat membeli pulsa & PPOB dengan harga yang terjangkau dan menguntungkan.

Kesimpulan

Demikianlah Berita update terpanas tentang 3 Perbedaan QRIS Statis Dan Dinamis Yang Wajib Diketahui Pemiliknya!

dengan tags keyword #Perbedaan #QRIS #Statis #Dan #Dinamis #Yang #Wajib #Diketahui #Pemiliknya yang mungkin saja tidak berarti apa-apa buat Anda, Namun setidaknya dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca. Wassalamualaikum Wr. Wb 🙂

Sharing is caring...