6 Tips Memilih Nama Domain dan Hosting untuk Website

6 Tips Memilih Nama Domain dan Hosting untuk Website

Memilih nama domain dan hosting yang tepat akan memberi kelebihan bagi website Anda. Berikut 6 tips memilih nama domain dan hosting: 1. Pilih domain yang sesuai dengan brand Anda. 2. Gunakan ekstensi yang tepat. 3. Pilih hosting yang handal. 4. Cari tahu tentang kebijakan hosting. 5. Periksa ketersediaan domain. 6. Pilih hosting yang menawarkan banyak fitur.

Apakah Anda berencana membuat situs web penjualan online Anda sendiri? Ternyata banyak sekali komponen yang perlu Anda perhatikan, diantaranya penggunaan nama domain dan hosting.

Yang bisa anda gunakan sebagai alamat website sekaligus tempat penyimpanan data website. Namun sebelum itu, Anda sudah mengetahui apa itu domain dan apa fungsinya untuk sebuah website.

Jika Anda belum tahu, jangan khawatir, artikel ini akan membahas secara lengkap tentang web hosting dan domain, serta pengertian hosting dan domain, cara memilih domain dan hosting.

Jadi tonton sampai habis.

Apa itu Hosting dan Domain?

Pasti Anda sudah sering mendengar nama domain dan hosting? Apalagi jika Anda ingin membuat website, dua hal ini menjadi syarat utama bagi Anda.

Pertanyaannya, apakah Anda mengetahui pengertian hosting dan domain serta perbedaannya?

Oleh karena itu, nama domain adalah alamat website agar pengunjung dapat dengan mudah menemukan dan mengakses website Anda.

Bisa dibilang domain memiliki pengaruh yang signifikan terhadap website penjualan Anda karena pembeli dapat mengakses toko online dengan mudah dan cepat.

Sebuah nama domain biasanya memiliki dua unsur utama: nama website dan keberadaan (yang sering kita lihat di akhir sebuah website, seperti com, org, edu, dll).

Fungsi dari domain sendiri adalah untuk memudahkan pengunjung website yang akan dibuka melalui browser internet, mereka tinggal memasukan alamat tanpa harus hapal alamat IP website tersebut, seperti 100.90.80.70

Menemukan nama domain tidaklah mudah karena Anda hanya memerlukan sekumpulan nama dan ekstensi untuk satu situs web, sehingga unik.

Tahukah Anda bahwa ada berbagai jenis domain antara lain:

  • TLD (domain tingkat atas): Nama tingkat teratas dalam Sistem Nama Domain (DNS) yang tersedia di Internet. Biasanya paling banyak digunakan .com, .org, .bersihDan .edu
  • ccTLD (domain tingkat atas kode negara) Gunakan dua huruf berdasarkan kode negara internasional, mis. Kami Untuk Amerika Serikat atau .jp Untuk Jepang.
  • gTLD (Domain Tingkat Atas Umum): Sebaliknya, dua jenis domain biasanya digunakan untuk tujuan tertentu, mis. .edu Digunakan untuk website Lembaga Pendidikan (Pendidikan).

Tetapi kebanyakan orang yang membuat situs web menjual domain. .com

Sedangkan hostingw adalah tempat menyimpan semua file dan data dari website agar lebih mudah diakses oleh banyak orang melalui internet.

Pada dasarnya yang akan disimpan pada postingan berupa video, teks, gambar, email hingga database.

Jenis self hosting juga banyak, tinggal anda sesuaikan dengan kebutuhan website toko online anda nantinya. Adapun jenis hostingnya, mis.

  • Posting BagikanJenis hosting di mana server digunakan bersama oleh banyak pengguna pada saat yang bersamaan
  • Hosting VPS Adalah jenis hosting pribadi di mana sumber daya digunakan oleh satu pengguna, sehingga Anda bebas mengatur dan mengelola sumber daya yang tersedia.
  • Hosting AwanBisa digunakan untuk yang membutuhkan resource besar, nantinya data website Anda akan disimpan di beberapa server.
  • Hosting WordPress Merupakan jenis hosting khusus untuk pengguna WordPress yang fiturnya hampir sama dengan shared hosting.
  • Hosting khusus Ini adalah jenis hosting yang berada di server yang sama dan digunakan oleh satu orang, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang downtime server.
  • Terakhir WordPress sederhana Hosting berfokus pada CMS WordPress yang sangat efisien tanpa kesulitan teknis.

Tips memilih nama domain dan web hosting

Sekarang setelah Anda mengetahui arti web hosting dan domain web, sehingga Anda tidak memiliki masalah dalam memutuskan di antara keduanya, saya memiliki petunjuk tentang cara memilih nama domain dan hosting.

Mari kita lihat cara menyiapkan domain dan juga hosting web.

Nama domain yang pendek dan mudah diingat

Cara pertama dalam memilih domain website adalah dengan mencari nama domain yang mudah diingat oleh banyak orang.

Tujuannya agar ketika mereka mencari website toko online, mereka dapat dengan mudah menemukannya dan lama tidak menggunakan nama domain tersebut.

*Tips: Jangan membuat nama domain dengan lebih dari tiga kata.

Ini karena nama domain yang pendek biasanya lebih mudah dibaca dan diingat orang. Sayangnya, domain pendek adalah yang paling diminati, jadi Anda harus buru-buru menangkapnya.

Hindari penggunaan simbol

Tips selanjutnya adalah hindari penggunaan simbol pada nama domain website karena jika menggunakan simbol pada domain maka pengunjung akan kesulitan mengakses situs penjualan.

Apalagi kebanyakan orang terlalu malas untuk mengetik website yang panjang dan menambahkan simbol, pasti akan menyulitkan.

Gunakan nama merek sebagai domain situs web

Setiap bisnis memiliki mereknya masing-masing untuk memudahkan konsumen mengenali dan mengingatnya.

Maka dari itu, cara memilih domain terbaik selanjutnya adalah dengan menggunakan branding sebagai domain website Anda, apalagi jika toko online Anda sudah dikenal banyak orang.

Tentunya nantinya pelanggan akan lebih mudah menemukan website toko online jika menggunakan nama domain yang sama dengan brand yang sama.

Contoh nama domain situs web bermerek: Happyfit.com

Pastikan nama domain tidak digunakan oleh orang lain.

Selain hal di atas, kunci lain yang harus Anda hindari adalah nama domain yang mirip dengan brand, apalagi jika perusahaan tersebut telah mematenkannya.

Jika Anda masih menggunakan domain yang sama maka Anda mungkin memiliki masalah dengan aturannya. Jadi tolong hindari kejadian ini.

Oleh karena itu, Anda perlu meriset domain terlebih dahulu untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Perhatikan fitur tambahan yang disediakan oleh pihak tuan rumah

Bukan hanya fitur utama yang perlu Anda pertimbangkan, tetapi Anda harus mengetahui fitur tambahan yang ditawarkan oleh penyedia hosting.

Pada dasarnya, setiap penyedia hosting memiliki banyak fitur yang ditawarkan.

Biasanya ada beberapa fungsi yang ditawarkan. Banyak orang mungkin tidak cukup fokus untuk mengontrol dan memilah fitur apa pun yang harus Anda pertimbangkan.

Di antara sekian banyak fitur, pastikan Anda memperhatikan fitur tambahan terkait Perlindungan Dan Keamanan.

Periksa harga langganan

Saat Anda memilih web hosting terbaik, pastikan Anda mengecek harga setiap paket hosting. Karena biaya yang Anda dapatkan nantinya harus sesuai dengan paket atau layanan yang digunakan.

Cara Anda dapat membandingkan detail dan jenis paket antara layanan hosting serta harga.

Hanya saja, tingkat harga yang paling tinggi umumnya akan menawarkan paket jenis ini dan dibarengi dengan performa yang lebih baik dibandingkan paket lainnya.

Buat website toko online hanya dengan menggunakan Arjunapulsamurah.com!

Jika Anda tidak ingin repot membuat situs web sendiri seperti mencari forum domain dan kemudian menghostingnya sendiri.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir mencari, menghosting, atau memverifikasi domain situs web.

Karena di Arjunapulsamurah.com Store anda sudah bisa membuat website toko online tanpa harus membeli domain lagi. .com.

Sehingga Anda dapat dengan mudah membuat website penjualan online tanpa harus memikirkan domain website atau hosting ulang.

Tidak hanya memudahkan Anda untuk membuat situs web toko online, tetapi Anda juga dapat mengelola semua operasi bisnis dengan mudah dan efisien.

Karena toko Arjunapulsamurah.com sudah terkoneksi dengan sistem omnichannel, Anda dapat mengelola operasional bisnis dengan lebih praktis.

Dari sinkronisasi stok, pemrosesan transaksi, hosting produk massal, perangkat lunak akuntansi terkoneksi, obrolan bisnis, sistem manajemen gudang, dan lainnya.

Dan yang terpenting, Arjunapulsamurah.com terkoneksi dengan berbagai channel penjualan online dan offline seperti social commerce (TikTok Shop, Instagram Shopping dan Facebook Marketplace) Webstore hingga toko offline.

Bagi yang memiliki toko offline dan membutuhkan aplikasi pos untuk mencatat semua transaksi, bisa menggunakan Arjunapulsamurah.com POS.

Banyak fitur di Arjunapulsamurah.com, hanya Rp 150/pesan, semua fungsi tersebut bisa kamu dapatkan dengan klik tombol di bawah sekarang!

Pendaftaran Arjunapulsamurah.com gratis!

Beli pulsa dan kuota dengan harga terbaik! Rasakan kenyamanan berbelanja di sini, cepat dan mudah, berbagai pilihan operator dan nomor. Jangan lewatkan promonya, buruan kunjungi kami!

Daftar Via WhatsApp
Daftar Via Play Store
daftar sms

Kesimpulan

Itulah Kabar update viral soal 6 Tips Memilih Nama Domain dan Hosting untuk Website dengan tags keyword #Tips #Memilih #Nama #Domain #dan #Hosting #untuk #Website yang mungkin saja tidak berarti apa-apa buat Anda, Namun setidaknya dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca. Wassalamualaikum Wr. Wb 🙂

Sharing is caring...