Cara Membuat website Jualan Online

Cara Membuat website Jualan Online

Cara membuat website jualan online mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut: pilih platform web hosting, pilih tema, tambahkan produk dan harga, lalu pasang fitur pembayaran dan terakhir, jalankan promosi.

Saat ini, membuat website bukan lagi hal yang sulit. Terutama bagi mereka yang kurang paham dengan bahasa pemrograman. Selain itu, kami sekarang mendapat banyak manfaat dari perkembangan teknologi web modern.

Oleh karena itu, jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana saat ingin membuat website toko online, Anda tidak perlu khawatir.

Pada artikel ini kami akan berbagi dengan Kanca Jejualan cara membuat website penjualan online. Alat yang digunakan adalah WordPress dan WooCommerce. Jadi baca artikel ini sampai selesai ya?

Apa itu WooCommerce?

Karena kita akan menggunakan WooCommerce, tentunya kita perlu mengetahui apa itu WooCommerce. WooCommerce adalah plugin yang didesain khusus untuk pengguna WordPress yang ingin membuat website toko online.

Faktanya, WooCommerce saat ini menjadi salah satu platform toko online yang paling banyak digunakan di dunia. Bersaing dengan Shopify. Dengan WooCommerce, Anda dapat dengan mudah membuat situs web toko online. Dari manajemen produk etalase hingga manajemen pembayaran.

Baca juga: Analisis lengkap bisnis makanan rumahan

Lalu, sebenarnya apa saja manfaat WooCommerce yang Anda perlukan untuk menggunakannya?

Mengapa Anda harus menggunakan WooCommerce?

Berikut alasan mengapa WooCommerce cocok digunakan sebagai platform website toko online:

1. Jumlah pengguna yang banyak mencapai jutaan

Bukan tanpa alasan WooCommerce menjadi platform website toko online terbaik dan terpopuler. WooCommerce digunakan oleh lebih dari 60 juta orang di seluruh dunia. Sekitar 28% toko online di dunia menggunakan WooCommerce.

Banyak toko online berbasis WooCommerce termasuk dalam 1 juta situs web teratas.

2. Kompatibel dengan WordPress

WooCommerce adalah plugin yang dikembangkan oleh WordPress juga. Jadi plugin ini kompatibel dengan WordPress. Dengan kompatibilitas ini, Anda dapat dengan mudah menginstalnya di situs WordPress Anda.

3. Jaminan Keamanan

Sebagai pemilik toko online, keamanan pelanggan adalah suatu keharusan. Dengan WooCommerce, Anda tidak perlu khawatir tentang masalah keamanan. WooCommerce sendiri memberikan perlindungan data transaksi agar tidak bocor dari platform.

4. Tersedia secara gratis

Inilah yang membuat WooCommerce spesial. Selain mudah digunakan, Anda bisa menggunakan WooCommerce secara gratis. Tetapi jika Anda ingin menggunakan fungsionalitas yang lebih lengkap, Anda dapat berlangganan paket lengkap.

Cara membuat website penjualan online

Untuk dapat menggunakan WooCommerce, Anda harus menginstal WordPress terlebih dahulu. Namun jika Anda sudah memiliki WordPress, maka Anda bisa langsung melakukan setting WordPress.

Berikut cara menggunakan WooCommerce:

Langkah satu – Instal dan aktifkan WooCommerce

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan WooCommerce. Untuk melakukannya juga mudah. Silakan masuk ke Dashboard WordPress terlebih dahulu. Kemudian gulir ke menu Plugin> Tambah Baru.

Di kotak pencarian, ketik WooCommerce.

Kemudian pilih plugin WooCommerce, klik Instal Sekarang> Aktifkan.

Langkah Kedua – Menyiapkan WooCommerce

Setelah menyelesaikan instalasi dan aktivasi, Anda akan diminta untuk melakukannya. Wisaya Instalasi. Silakan klik ya silahkan.

Wisaya Instalasi Adalah cara termudah untuk menginstal WooCommerce. Setidaknya ada lima pengaturan yang perlu Anda lakukan, di antaranya:

– Tetapkan alamat toko

Pertama-tama Anda akan diminta untuk mengisi detail toko online tersebut. Ada beberapa informasi yang perlu Anda isi, antara lain: Alamat utama toko online, alamat alternatif, negara, kota, dan kode wilayah. Untuk pemilihan negara, Anda dapat memilih Indonesia.

– Menentukan jenis industri

Anda kemudian akan diminta untuk mengisi informasi tentang jenis industri. Di bagian ini Anda dapat memilih berbagai industri sesuai dengan produk yang Anda jual. Banyak pilihan industri tersedia, termasuk mode, kesehatan dan kecantikan, seni, makanan, furnitur, dll.

– Menentukan jenis produk yang akan dijual

Ada dua produk yang dapat Anda gunakan secara gratis. Produk fisik (produk yang dapat diangkut) dan produk digital yang dapat diunduh.

– Kelola detail bisnis

Pada bagian ini Anda diminta untuk mengisi dua informasi penting tentang bisnis Anda. Pertama, berapa banyak produk yang dipajang. Kedua, apakah Anda menjual produk ini di tempat lain?

– Pilih topik

Langkah terakhir masuk Wisaya Instalasi Sedang memilih tema untuk website toko online. Ada pilihan tema yang tersedia secara gratis. Untuk memastikan gaya yang dipilih sesuai dengan tampilan, Anda dapat menggunakan mode Live View.

Langkah Tiga – Tambahkan Produk

Setelah berhasil membuat toko online, Anda harus menambahkan produk sebelum siap untuk dikunjungi pelanggan. Dari halaman Dasbor WordPress, pilih menu WooCommerce. Berikut langkah-langkahnya:

– Tambahkan produk baru.

Untuk dapat menambahkan produk baru, Anda dapat memilih. Tambahkan produk pertama Anda.. Ada tiga opsi yang tersedia: Tambahkan, impor, transfer secara manual.

Penambahan manual adalah cara termudah untuk menambahkan produk satu per satu. Anda akan secara otomatis diarahkan ke halaman postingan untuk melengkapi informasi produk.

Baca juga: Cara membuat email profesional menggunakan Zoho Mail

– Isi informasi produk baru.

Pada halaman entri produk baru Anda akan diminta untuk memberikan informasi antara lain:

  • Nama Produk
  • Deskripsi Produk
  • tipe produk
  • Deskripsi Produk
  • Gambar produk
  • Label Produk
  • tipe produk

– Pencetakan produk

Setelah memasukkan semua informasi penting tentang produk. Karena Anda dapat melepaskan produk dengan mengklik tombol. Menerbitkan.

Langkah Empat – Manajemen Produk

Semua produk yang Anda tambahkan tercantum di halaman produk WooCommerce. Untuk mengelolanya, Anda dapat mengakses halaman produk dengan memilih Menu WooCommerce> Produk.

trx baru akan dibuat setelah pelanggan menyelesaikan proses checkout. Anda akan menerima notifikasi pada menu order di dashboard WooCommerce. Anda akan menemukan informasi trx di sana.

Setiap trx memiliki ID trx unik dengan detail seperti: email pelanggan, nomor kontak, alamat, dan metode pembayaran. Anda dapat memproses trx ini di setiap proses.

Beberapa situasi ini meliputi:

  • Proses. trx telah diterima dan dibayar, tetapi masih tertunda.
  • Pembayaran yang tertunda. trx sudah masuk tapi belum dibayar.
  • Tunggu. trx ditempatkan, konfirmasi pembayaran tidak dilakukan oleh pengguna.
  • Selesai. trx diproses dan dikirim ke pengguna.
  • Dibatalkan. trx telah dibatalkan dan pengembalian dana telah dilakukan.
  • Gagal. trx gagal. Mungkin karena pembayarannya tidak segera dilakukan.

Menutup

Membuat website toko online dengan WordPress menggunakan WooCommerce sangatlah mudah. Anda tidak memerlukan keterampilan pemrograman yang cukup untuk mengetahui cara membuat situs web penjualan online.

Wujudkan ide bisnis Anda dengan website toko online Jejulan. Dapatkan fitur toko online terbaik dengan harga terjangkau dari Jejualan, buka toko online hanya dalam 20 detik.

Mau beli pulsa dan kuota dengan harga murah? Yuk, segera beli di sini. Nikmati promo menarik dan dapatkan diskon spesial hanya untuk Anda. Tunggu apalagi? Pesan sekarang juga!

Daftar Via WhatsApp
daftar sms

Kesimpulan

Demikianlah Informasi update terbaru soal Cara Membuat website Jualan Online dengan tags keyword #Cara #Membuat #website #Jualan #Online yang mungkin saja tidak berarti apa-apa buat Anda, Namun setidaknya dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca. Wassalamualaikum Wr. Wb 🙂

Sharing is caring...