Fleet Management System: Pengertian dan Fitur-fitur di Dalamnya

Fleet Management System: Pengertian dan Fitur-fitur di Dalamnya –

Fleet Management System adalah sistem pengelolaan armada kendaraan yang memberikan informasi tentang lokasi, kondisi, dan penggunaan kendaraan. Fitur-fiturnya meliputi pemantauan GPS, manajemen biaya bahan bakar, jadwal perawatan, dan analisis data penggunaan kendaraan. Dapat memperbaiki efisiensi, keamanan, dan produktivitas armada.

Fleet Management System: Pengertian dan Fitur-fitur di Dalamnya

Fleet Management System adalah sistem untuk mengelola dan mengakses berbagai informasi yang berkaitan dengan kendaraan perusahaan. Dengan sistem atau software ini, perusahaan dapat memantau status seluruh kendaraan yang dimilikinya dengan lebih efisien dan efektif.

Perusahaan harus menerapkan manajemen armada atau fleet management untuk memastikan semua kendaraannya beroperasi dengan baik. Proses manajemen ini juga perlu diterapkan untuk mengidentifikasi potensi masalah sesegera mungkin sehingga perusahaan dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan.

Seperti yang kita ketahui bersama, mengelola sebuah kendaraan bukanlah tugas yang mudah, apalagi jika perusahaan tersebut memiliki banyak kendaraan niaga. Untungnya, di era digital saat ini, proses manajemen kendaraan dapat disederhanakan melalui sistem manajemen armada. Dengan sistem ini, pengelola armada atau perusahaan dapat mengelola seluruh kendaraan operasional secara digital sehingga proses pengelolaan dapat berjalan lebih efisien dan efektif.

Jadi jika perusahaan Anda mengelola aset bergerak seperti mobil, truk, sepeda motor atau lainnya, maka Anda memerlukan sistem manajemen armada. Berikut ini kami berikan penjelasan lengkap mengenai apa itu sistem manajemen armada untuk Anda.

Apa itu sistem manajemen armada?

Fleet Management System (FMS) adalah sistem atau platform untuk melacak dan mengelola kendaraan yang dimiliki oleh suatu perusahaan. FMS ini biasa digunakan oleh perusahaan yang mengelola banyak kendaraan, seperti industri persewaan mobil, jasa transportasi, angkutan umum, dan lainnya.

Untuk dapat mengelola semua kendaraan secara efektif, sistem FMS dilengkapi dengan berbagai teknologi mulai dari GPS, geofencing, AI, machine learning, forecast analysis dan lainnya. Dengan teknologi tersebut, sistem ini dapat memberikan banyak fungsi yang berguna saat mengendalikan kendaraan, seperti melacak lokasi mobil, melacak konsumsi bahan bakar, memastikan mobil dalam keadaan awal, dll.

Sistem manajemen armada ini sangat penting bagi perusahaan yang mengelola banyak aset bergerak seperti mobil, sepeda motor, atau bahkan kendaraan berat untuk menggerakkan bisnisnya. Dengan berbagai fungsi yang ditawarkannya, perusahaan dapat mempertahankan operasional kendaraan yang efisien, membantu manajemen transmisi kendaraan, melacak semua kendaraan dan lainnya.

Baca juga: Manfaat JBA BASTK dalam Lelang Kendaraan Online

Fitur utama dari sistem manajemen armada

1. Kendaraan Pelacakan GPS

Fungsi GPS sangat penting untuk melacak lokasi mobil Anda secara real time. Setelah teknisi memasang perekam elektronik di setiap kendaraan, Anda dapat mengakses lokasi dan pergerakan kendaraan langsung dari fungsi pelacakan kendaraan di FMS melalui jaringan seluler atau satelit.

Dengan fungsi ini Anda dapat mengetahui dari mana mobil mulai berjalan, dari mana mobil tersebut berjalan hingga berhenti. Selain meningkatkan produktivitas manajemen kendaraan, fitur ini juga akan meningkatkan pengalaman pelanggan, karena Anda dapat menginformasikan waktu kedatangan kendaraan kepada pelanggan dengan lebih baik.

2. Manajemen bahan bakar

Sebagai manajer armada, konsumsi bahan bakar merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Hal ini dilakukan karena konsumsi bahan bakar yang tidak terkendali dapat mengakibatkan biaya operasional yang lebih tinggi dari anggaran yang telah ditetapkan. Jadi untuk memastikan konsumsi bahan bakar di setiap kendaraan, Anda bisa memanfaatkan fungsi manajemen bahan bakar di FMS.

Dengan fitur ini Anda dapat melacak konsumsi bahan bakar dan melihat seberapa sering mobil Anda mengisi bahan bakar. Fitur ini juga akan membantu Anda mengidentifikasi kasus tumpahan minyak atau pencurian dengan cepat.

Baca juga: 7 Tips SEO Website Rental Mobil untuk Meningkatkan Peringkat Website

3. Analisis perilaku mengemudi

Sistem manajemen armada juga dapat menyediakan fitur untuk memantau dan menganalisis perilaku mengemudi. Dari fitur ini Anda dapat mengetahui perilaku mengemudi yang agresif seperti rem, waktu lembur, kecepatan idle, dan lainnya. Sehingga Anda dapat memberikan umpan balik kepada pengemudi untuk memperbaiki kebiasaan mengemudi yang buruk. Hal ini penting untuk menghindari pemborosan bahan bakar, mencegah kecelakaan, mengurangi biaya perawatan dan mengurangi downtime kendaraan.

4. Alarm mobil

Alarm merupakan fungsi FMS yang berguna, sehingga perusahaan dapat merespon dengan cepat setiap situasi sulit yang berkaitan dengan kondisi kendaraan. Sebaiknya gunakan sistem manajemen armada yang dapat membuat alarm khusus sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, alarm dapat disetel untuk melacak saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi (untuk menghindari kecelakaan) atau untuk mencari saat mesin sudah berjalan lama tanpa gerakan (untuk menghindari pemborosan bahan bakar).

5. Perencanaan dan inspeksi jalan

Anda dapat menggunakan fitur perencanaan dan pemantauan jalan raya untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan meningkatkan produktivitas. Dari fitur ini Anda dapat melihat kendaraan yang tidak mengikuti rute yang telah ditentukan dan disetujui sebelumnya. Selain itu, fungsi ini juga memungkinkan Anda mengetahui jarak kendaraan dari tempat tujuan dan perkiraan waktu kedatangannya.

Baca juga: Wawancara dengan AUKSI: Pengembangan sistem penawaran online yang modern, mudah digunakan dan aman

Kesimpulan

Fleet Management System merupakan aplikasi penting yang memberikan berbagai kemudahan bagi perusahaan dalam mengelola beberapa kendaraan. Sistem tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur agar perusahaan dapat memantau lokasi mobil dan menjaga kondisi mobil tetap seperti semula. Dengan menggunakan sistem manajemen armada, perusahaan juga dapat meningkatkan produktivitas, menghemat biaya, dan mengidentifikasi potensi masalah sesegera mungkin.

Apakah Anda ingin mengembangkan sistem manajemen armada Anda sendiri untuk perusahaan Anda? LOGIQUE dapat membantu Anda!

LOGIQUE Digital Indonesia adalah pengembang sistem dan perangkat lunak terbaik di Jakarta. Kami sudah memiliki banyak pengalaman dalam mengembangkan sistem manajemen angkatan laut yang bekerja dengan baik untuk mengelola armada besar.

Jika Anda ingin menyiapkan sistem manajemen armada, silakan berkonsultasi dengan kami. LOGIQUE dapat memberikan saran terbaik untuk menyesuaikan sistem dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan ini, silakan klik Layanan pengembangan web dan aplikasi. Anda juga dapat melihat studi kasus pengembangan FMS dengan mengunjungi Penyewaan FMS ASSA.

Hubungi kami untuk penjelasan langsung dari tim LOGIQUE. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Posting Sistem Manajemen Angkatan Laut: Definisi dan Fitur di dalamnya muncul pertama kali di Blog pengembang Web LOGIQUE.

“Bagi kamu yang butuh pulsa dan kuota untuk terhubung dengan keluarga dan teman-teman, yuk beli disini! Kami menyediakan berbagai macam pilihan pulsa dan kuota dengan harga yang terjangkau dan bisa digunakan di seluruh operator. Cepat dan mudah, hanya tinggal klik dan kamu langsung bisa terhubung dengan orang tersayang tanpa khawatir kehabisan pulsa dan kuota. Buruan cek di sini sekarang juga!”

Daftar Via WhatsApp
Daftar Via Play Store
daftar sms

Kesimpulan

Demikianlah News update hari ini soal Fleet Management System: Pengertian dan Fitur-fitur di Dalamnya dengan tags keyword #Fleet #Management #System #Pengertian #dan #Fiturfitur #Dalamnya yang mungkin saja tidak berarti apa-apa buat Anda, Namun setidaknya dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca. Wassalamualaikum Wr. Wb 🙂

Sharing is caring...