Punya Kendala Saat Bangun Usaha? Yuk, Cari Solusinya Sama-Sama!

Arjunapulsamurah.com, Kota Malang – Selamat datang di dunia usaha! Kita semua tahu bahwa menggerakkan usaha itu sulit. Terkadang kita menghadapi berbagai kendala yang menghalangi kita dalam mencapai tujuan kita. Namun, jangan putus asa. Dengan kerja keras dan komitmen yang kuat, kita bisa menemukan solusi untuk mengatasi kendala yang kita hadapi. Bersama-sama, kita dapat mencari cara untuk memecahkan masalah dan mencapai tujuan kita. Mari kita mulai bergerak menuju keberhasilan usaha!

“Hei, aku terlalu lelah untuk menulis semua resep …”

Rahmi, pemilik RM Ayam Berkah

“Mengapa pendapatan hari ini berkurang? Siapa yang mencuri uangnya?

Lydia, pemilik kafe kulit hitam biasa

“Saya ingin meningkatkan toko,” katanya. “Sayang sekali aku belum punya modal.”

Pemilik Toko Fashion Pak Agus

Para pemilik usaha harus mewaspadai keluhan ketiga orang tersebut. Namanya juga urus bisnis, tentu tak jauh dari kendala.

Wajar jika Anda juga mengalami hal yang sama. Apalagi jika Anda seorang pemula yang baru memasuki dunia bisnis. Jangan patah semangat! Setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Semua kendala harus dijawab.

Agar lebih mudah menemukan solusi, Anda harus mengidentifikasi masalah dengan jelas terlebih dahulu. Beda masalah, beda pula solusinya. Tidak mungkin, Anda mengeluh kekurangan modal, tetapi solusinya adalah merekrut staf baru? Selain kurang relevan, hal ini juga tidak menyelesaikan masalah.

Hambatan selalu dihadapi oleh para pemilik usaha

Ibarat sayur tanpa garam, perjalanan memulai usaha belum lengkap rasanya jika tidak menemui kendala apapun. Batu-batu ini adalah seni berbisnis. Jadi apa kendala paling umum yang dihadapi trader?

1. Sibuk dengan catatan

Kesulitan dalam mengelola rekening bisnis merupakan masalah yang sering dihadapi oleh para pemilik usaha, termasuk Rahmi yang memiliki RM Ayam Berkah. Pemeliharaan daftar ini mencakup ringkasan pendapatan/pengeluaran, volume transaksi harian, kewajiban/piutang (jika ada) dan sebagainya.

Bisakah Anda bayangkan betapa sulitnya mencatat semuanya dengan tangan setiap hari? Terkadang ada insiden human error yang menyebabkan record ditarik kembali. Menembak membuat pusing tidak bisa, bagaimana arus kas menjadi lebih tidak jelas?

2. Penghasilan dikurangi

Perasaannya semua transaksi dicatat dengan benar, tapi kok setelah ngumpulin uangnya kurang haha? Hal ini sering ditemui oleh pemilik Steady Black, Lydia. Apakah anda pernah/sering menjumpai hal serupa?

Oke, jangan buru-buru menuduh pelanggan atau karyawan. Bisa jadi kesalahannya ada pada metode perhitungannya yang masih manual. Pertama, periksa status laporan penjualan toko Anda. Apakah Anda yakin tidak ada poin yang terlewat masuk?

Pengurangan pendapatan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor (yang biasanya human error) seperti pemasukan pendapatan/beban yang salah, transaksi yang tidak tercatat dan sebagainya.

3. Kekurangan modal

Ada banyak ide bisnis. Proyek renovasi toko juga ada di tempat. Namun kendala pertama adalah pendanaan. Ya, kekurangan modal biasanya menjadi masalah klasik yang dihadapi setiap pemilik usaha baru. Jangan sedih, ini normal dan sebenarnya bukan masalah besar.

Anda dapat meningkatkan modal secara bertahap dengan menentukan penghasilan bisnis harian Anda. Jika nama yang diminta cukup besar, Anda juga bisa mengajukan bantuan pembiayaan usaha dari lembaga pembiayaan.

4. Bisnis sepi

Bisnis ini sudah lama berjalan, tapi kenapa peminatnya sedikit? Selain mengevaluasi kualitas produk yang dijual, jangan lupa rajin beriklan. Iklan reguler akan membuat toko dan produk Anda lebih dikenal di kalangan konsumen.

Anda dapat mencoba iklan gratis atau berbayar berdasarkan influencer atau iklan. Keduanya sama-sama efektif asalkan dilakukan dengan strategi yang tepat.

Tentunya cara lain adalah dengan menjual produk/jasa Anda secara online. Dengan cara ini produk dapat dilihat oleh calon pembeli dari berbagai daerah di Indonesia. Akibatnya, pendapatan penjualan meningkat. Ingin mencoba?

Tentu masih banyak kendala lain dalam berbisnis. Jangan khawatir, Anda tidak sendiri. Pokoknya, jangan lelah berusaha mencari solusinya ya? Panduan bagi pemilik usaha yang ingin lebih maju, coba mulai gunakan software digital yang dilengkapi dengan fungsi khusus untuk mencatat transaksi seperti Moka POS.

Platform ini pasti akan membantu Anda dalam mengelola bisnis Anda. Selain mengelola transaksi offline dan online, Moka POS juga memiliki fungsi untuk melacak laporan transaksi penjualan secara realtime.

Karena semuanya tercatat secara otomatis, Anda tidak perlu membuang waktu untuk melakukan rangkuman harian, menghitung arus kas dan pemasukan secara manual. Selamat pagi!

Usaha memang bukan hal yang mudah. Banyak kendala yang harus dihadapi dan banyak hal yang harus dilakukan. Namun, jangan biarkan kendala menghalangi usaha Anda untuk meraih kesuksesan. Carilah solusi yang tepat untuk mengatasi kendala yang Anda hadapi.

Jika usaha Anda berbasis jualan pulsa dan kuota, jangan khawatir. Kini, Anda bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi kendala yang Anda hadapi. Dengan berbagai kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan, Anda bisa menggerakkan usaha Anda dengan lebih mudah dan lebih lancar. Yuk, cari solusi untuk kendala yang Anda hadapi saat berjualan pulsa dan kuota. Jangan biarkan kendala menghalangi usaha Anda untuk meraih kesuksesan!

Daftar Via WhatsApp
Daftar Via Play Store
daftar sms

Kesimpulan

Itulah Informasi update hari ini mengenai Punya Kendala Saat Bangun Usaha? Yuk, Cari Solusinya Sama-Sama! dengan tags keyword #Punya #Kendala #Saat #Bangun #Usaha #Yuk #Cari #Solusinya #SamaSama yang mungkin saja tidak berarti apa-apa buat Anda, Namun setidaknya dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca. Wassalamualaikum Wr. Wb 🙂

Sharing is caring...